Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan dan Hewan

Klasifikasi makhluk hidup merupakan suatu kegiatan untuk mengelompokan makhluk hidup menjadi golongan atau unit yang lebih kecil.
Tujuan dari klasifikasi itu sendiri yakni, 
  • Memudahkan orang-orang dalam mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam,
  • Dapat membedakan makhluk hidup satu dengan lainnya, serta
Menyederhanakan objek studi.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke tingkat terendah yaitu:
Domain (Daerah)
Kingdom (Kerajaan)
Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan)
Classis (Kelas)
Ordo (Bangsa)
familia (Suku)
Genus (Marga)
dan Spesies (Jenis)

Klasifikasi dibawah ini berasal dari tugas biologi saya, jadi hanya beberapa tumbuhan dan hewan saja. Semoga bermanfaat.


Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan.

Buah Jeruk
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Spesies: Citrus maxima (Burm) Merr, C. grandis Osbesk, C. decumanus L.

Penjelasan: Pohon dapat mencapai tinggi 5m. Percabangan tumbuh ke arah atas dan tidak berduri, daun oval dan lancip, tangkai daun bersayap sempit, bunga kecil dan putih, buah beragam ukuran, kulit buah kasar dan lepas, inti buah berlubang, biji hijau atau putih, sangat berair, enak rasanya. Bila matang kulit buah berwarna oranye muda.


Buah Anggur
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Mognoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Rhamnales
Famili: Vitaceae
Spesies: Vitis vinifera.Vitis labrusca

Penjelasan: Perdu merambat, panjang dapat mencapai 10 m, daun bulat bercangap dengan pinggir bergerigi dan ujung melancip. Bunga tersusun dalam malai. Buah bulat atau agak lonjong berukuran +/- 2 cm, berkulit halus, warna beragam, daging buah manis asam, mengandung 2-4 biji.


Pohon Belimbing
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae
Genus: Averrhoa
Spesies: Averrhoa carambola L.

Penjelasan: Tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 m diatas permukaan laut. Tinggi pohon 5 – l2 m. Percabangan pendek, kulit batang licin, berwarna cokelat abu-abu atau kelabu tua, tajuk daun rimbun dan bersirip ganjil, anak daun 2 – ll buah, ranting bersudut, berbulu lunak kuning yang bersifat sementara. Tanda bekas daun bentuk tonjolan. Anak daun bulat telur memanjang, meruncing, l,5 – 9 kali l – 4,5 cm, ke arah ujung poros semakin besar. Rangkaian bunga tumbuh di ranting-ranting kecil bekas ketiak daun, bunga kecil, tangkai pendek berwarna merah tua. Malai bunga kebanyakan terkumpul rapat, panjangnya 1,5 – 7,5 cm. Bunga sebagian dengan benangsari pendek dan tangkai putik panjang, Daging buah berair, rasa asam atau manis, warna kuning muda.


Buah Kedondong
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Spesies: Spondias pinnata Kurz., S. cytherea Sonn.,S. dulcis Forst.

Penjelasan: Pohon dapat tumbuh mencapai 25 m, daun majemuk menyirip, terdiri dari 0-700 m dpl.


Buah Delima
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisio: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Punicaceae
Spesies: Punica granatum L.

Penjelasan: Perdu berbatang pendek, bercabang rendah; tinggi l – 5 m. Ranting dengan duri yang duduk di ketiak, yang muda bersegi 4 sampai bersayap 4. Daun kecil dan rimbun, daun bertangkai, bentuk memanjang atau bentuk lanset, gundul, l – 8 kali 0,5 – l cm. Bunga l – 5, di ujung dan ketiak daun teratas, boleh dikatakan duduk. Kelopak 2 – 3 cm tingginya, merah atau kuning pucat; taju panjang +/- l cm, tebal. Daun mahkota membulat, panjang l,5 – 3 cm, merah atau putih. Tangkaisari waktu kuncup melengkung ke dalam. Buah buni 5 – l2 cm diameternya, putih hijau kekuningan, cokelat merah atau ungu hitam, akhirnya sobek terbuka. Biji merah, ros atau putih kekuningan. 0 – 500 m dpl. Perbanyakan tanaman dengan biji dan cangkokan.


Bunga Kamboja
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Plumeria
Spesies: Plumeria acuminata Ait.

Penjelasan: Kamboja merupakan tanaman sekulen yang dapat menyimpan air pada seluruh bagian mulai dari akar, batang, daun, bunga, sampai buah. Tanaman ini mempunyai tinggi batang 1,5-6 meter, bengkok, dan mengandung getah. Ciri fisik kamboja adalah rantingnya besar, daun berkelompok rapat pada ujung ranting, bertangkai panjang memanjang berbentuk lanset, dan tulang daun menyirip. Bunga dalam malai rata berkumpul di ujung ranting, kelopak kecil, sisi dalam tanpa kelenjar, mahkota berbentuk corong, sisi dalam berambut, sisi luar kemerahan atau putih, sisi dalam agak kuning, putih atau merah, dan berbau harum. Tangkai putik pendek, tumpul, lebar, bakal buah 1 atau 2, saling berjauhan, berbentuk tabung gepeng memanjang, berbiji banyak, biji bersayap, tanpa kuncung rambut, ketika masih muda berwarna hijau, setelah tua hitam kecoklatan.



Klasifikasi Ilmiah Hewan

Monyet Ekor Panjang
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primata  
Famili: Cercopithecidae
Genus: Macaca
Spesies: Macaca fascicularis

Penjelasan: Kera ekor panjang hidup berkelompok, jumlah kelompok biasanya terdiri dari 10-20 ekor di hutan bakau, 20-30 ekor di hutan primer, 30-50 ekor di hutan sekunder, dengan komposisi komplit ada induk jantan dan betina beserta anak-anaknya. Besar kecilnya kelompok ditentukan oleh ada tidaknya pemangsa dan sumber pakan di alam. Pergerakan dilakukan untuk mendapatkan pakan di dalam melangsungkan hidupnya. Luas daerah jelajah 50 hingga 100 ha untuk satu kelompok. Luas daerah jelajah sangat erat hubungannya dengan sumber pakan. Dalam mencari makan monyet ekor panjang selalu merubah daerah jelajahnya, tergantung pada keterse diaan makanan. Makanannya daun, buah, biji, dan bunga. Selain itu juga makan serangga, telur anak burung, kepiting, udang, kerang dll.


Kucing
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Karnivora
Famili: Felidae
Genus: Felis
Spesies: Felis silvestris

Penjelasan: Kucing adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies,kucing besar biasanya kurang dari 100. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak begitu berbahaya bagi manusia.Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging.Meskipun memiliki reputasi sebagai hewan penyendiri, kucing biasanya dapat membentuk koloni liar tetapi tidak menyerang dalam kelompok seperti singa.


Capung
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Odonata
Famili: Aeshnidae

Penjelasan: Capung hidup di dekat rawa atau sungai, dan dapat ditemukan hampir seluruh dunia. Umumnya bertubuh besar dengan sayap terbuka ke samping. Panjang capung bisa mencapai 12 cm, namun capung jarum berukuran lebih kecil dengan sayap tertutup ketika hinggap dan memilikiabdomen lebih ramping.Capung dewasa dapat hidup sampai sekitar satu bulan dan semua capung mati pada saat musim gugur. Dua mata capung yang sangat besar mengandung 30.000 pacet pada setiap matanya. Capung jantan dan capung betina terbang bersama pada saat kawin. Capung betina bertelur sampai 600 butir yang diletakkan di atas tumbuhan air. Capung sering dianggap membantu manusia karena sering memangsa serangga pengganggu seperti ngengat dan walangsangit.


Landak
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Erinaceomorpha
Famili: Erinaceidae

Penjelasan: Landak adalah hewan mamalia berduri yang termasuk subfamilia Erinaceinae dan ordo Erinaceomorpha. Ada 17 spesies landak yang terbagi menjadi lima genera, yang dapat ditemukan di Eropa, Asia, dan Afrika.


Belalang
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia 
Filum: Antropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Orthoptera
Famili: Acrididae
Genus: Dissosteira
Spesies: Dissosteira Carolina

Penjelasan: Belalang merupakan serangga (insecta) pemakan tumbuhan (herbivora) yang berasal dari  ordo orthoptera atau serangga bersayap lurus. 

Lebah
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Sub kingdom: Invertebrata
Filum: Arthropoda
Kelas: Insectaptera
Familia: Apidae
Genus: Apis
Spesies: Apis indica

Penjelasan: Lebah mencakup sekitar tujuh spesies lebah dalam genus Apis, dari sekitar 20.000 spesies yang ada. Saat ini dikenal sekitar 44 subspesies. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari malam, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah.

Comments

Popular Posts